~ a SimpLe Life About GyLda ~

Dede ku beratnya 2719gr,,, hihihi cuma naek 19gr aja dari minggu kemaren. Trus ditanya ma dokter dech, suka makan apa nggak,,,,,??

Minggu ini gak terlalu nafsu makan, terus sempet juga puasa sehari. Kayanya dede kelaperan banget pas puasa. Jadi kasihan… dia gerak-gerak terus sampe kenceng banget nieh perut. Oia, dah ngerasain juga yang namanya “kontraksi palsu”  tapi blom pernah ngecek tiap berapa lamanya… abis suka lupa…

Dapet dari Info Bunda nieh, katanya :

=======================================

Dimulai dengan minggu ke 37 kehamilan adalah saat yang mendebarkan bagi bunda karena ada kemungkinan tiba-tiba bayi sudah siap lahir. Masih teringat dengan kontraksi Braxton Hicks?

Bunda akan merasakan kontraksi ini lebih sering dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya, terutama di minggu-minggu akhir ini. Bunda harus semakin memperhatikan kontraksi yang bunda alami apakah kontraksi yang bunda alami merupakan Braxton Hicks atau memang kontraksi akan melahirkan, maka hal-hal yang akan membedakan pada kontraksi akan melahirkan adalah antara kontraksi yang satu dengan yang lain berdekatan, kontraksinya semakin menguat dengan jangka waktu kontraksinya lebih lama, akan sangat terasa saat bunda berjalan.

Bunda akan merasakan kalo bayi bunda posisinya telah turun. Selain itu bunda harus semakin memperhatikan apabila terjadinya vlek dengan sedikit darah maka langsung hubungi dokter bunda.

Beberapa minggu yang lalu bayi bisa bereaksi terhadap lampu senter yang bunda pusatkan di perut bunda sedangkan pada minggu ini bayi bunda sudah bisa melihat adanya cahaya diluar rahim.

Bayi pada saat ini sedang belajar untuk mengenal aktifitas harian, maka bundalah yang harus mengajari bagaimana dan berapa jam waktu terang atau siang hari dan berapa lamakah waktu istirahat atau gelap, waktu dimana bunda mengajari bayi untuk beristirahat. Selain itu bayi juga sedang belajar untuk melakukan pernafasan walaupun pernafasannya masih dilakukan di dalam air.

Berat badan bayi di minggu ini 2700-2800 gram, dengan tinggi 48-49 cm

Minggu in dah masuk periksa per-minggu, biar ketahuan perkembangan dede mulai dari letak mpe beratnya. Nah, kemaren dede ku dah 2700gr beratnya. Abis periksa ama dokter dikasih surat pengantar ke ruang bersalin jika sewaktu-waktu mau melahirkan.  Terus juga disuruh periksa cek darah komplit.

Dapet dari Info Bunda nieh, katanya :

=======================================

Saat ini adalah waktu yang baik untuk bunda menyediakan waktu khusus membuat rencana kelahiran.

Rencana kelahiran perlu disiapkan agar pada saatnya mendekati persalinan semua berjalan lancar, pada dasarnya… apabila bunda belum menyiapkan rencana kelahiran dan pada saat melahirkan terjadi bunda sudah tidak mungkin lagi berpikir apa yang harus dilakukan.

Rencana kelahiran ini dapat berupa menyiapkan semua pakaian bunda yang mungkin dibutuhkan di dalam koper apabila bunda dirawat di rumah sakit pada saat melahirkan. Hubungi rumah sakit dimana bunda akan dirawat karena di beberapa rumah sakit diharuskan memesan kamar beberapa minggu sebelum melahirkan.

Apabila diperkirakan antara rumah dan rumah sakit pilihan bunda letaknya berjauhan maka ada kemungkinan kalau bunda sudah menginap di rumah saudara atau hotel terdekat dengan rumah sakit. Apabila bunda tidak memiliki asuransi maka persiapkan dana bunda.

Kulit bayi bunda sudah semakin halus dan sudah menjadi kulit bayi. Lapisan lemak sudah mulai mengisi bagian lengan dan betis dari bayi. Ginjal dari bayi sudah bekerja dengan baik dan livernya pun telah memproduksi kotoran. Saat ini paru-paru bayi bunda sudah bekerja baik bahkan sudah siap bertemu dengan mama dan papa.

Berat badan bayi 2400-2450 gram, dengan tinggi badan 47-48 cm

Berhubung suami dah gak sabar pengen liat dede, akhirnya kita memutuskan untuk melakukan USG 4 Dimensi. Tepatnya di RS. International Bintaro, karena tempat biasa periksa, yaitu di RS. Sari Asih tidak ada alat untuk USG 4 Dimensi.

Ditemenin sama suami, mertua dan kakak ipar kita liat gerak-gerik dede didalam perut. Alhamdulillah keadaannya baik-baik saja.  Pas lagi di usg, dedenya keseringan menghadap ke belakang (kata dokternya lagi nyiumin plasenta) makanya susah juga buat ambil gambar mukanya. Tapi dengan kesabaran dokter yang dah ngabisin waktu sekitar +/- 1 jam, akhirnya bisa dilihat juga muka dedenya.

Penasaran mo liat juga, yuks kita intip…..

Nah, dah liat kan?!?!?! Disitu jelas banget jenis kelaminnya. Emang suami pengen banget anak pertamanya laki-laki. Alhamdulillah dikabulin dech doa kami. Terus kata banyak orang yang dah liat, mukanya mirip ma bunda nya, terutama kalo liat hidungnya. hehehhehe…


Di minggu ini perut emang kerasa gatel banget, yah mo bagaimana lagi, gk kuat buat gak garuk. hehehehehehe….

Tapi nafsu makan dah gak terlalu besar, cuma tidur nya itu yang rada susah. Makanya siangnya dibuat sibuk biar malem nya terasa cape n langsung tidur.

Dapet dari Info Bunda nieh, katanya :

=======================================

Pada beberapa wanita akan merasakan gatal disekitar perut atau bahkan akan timbul garis merah. Hormon kehamilan yang menunjang terjadinya rasa gatal tersebut selain itu juga pembesaran pada perutlah menyebabkan jaringan kulit pun membesar, terkadang pembesaran ini juga disertai dengan rasa gatal.

Pada beberapa wanita akan timbul bentol-bentol merah disekitar perut dan diantara stretchmark yang meluas kesekitar paha dan tangan. Rasa gatal ini juga terjadi karena adanya reaksi iritasi pada kehamilan atau yang disebut dengan pruritic urticarial papules.

Reaksi seperti alergi diatas tidak berbahaya bagi bunda maupun bayi, mungkin dapat dikurangi dengan pemberian salep yang akan ditentukan oleh dokter bunda. Berhati-hatilah apabila rasa gatal menyerang sangat sering, karena dapat dicurigai adanya ketidak normalan pada liver bunda. Berhati-hati pula jika rasa gatal tersebut disertai pembesaran pada bentol-bentol dan muncul sisik maka hal ini juga dapat dicurigai terjadinya herpes pada kehamilan. Apabila kedua hal terjadi langsung hubungi dokter bunda.

Pada minggu ke 35 fungsi pendengarannya sudah berfungsi secara sempurna. Lemak dari tubuh bayi sudah mulai memadat pada bagian kaki dan tangannya, lapisan lemak ini berfungsi untuk memberikan kehangatan pada tubuhnya. Bayi sudah semakin membesar dan sudah mulai memenuhi rahim bunda. Apabila bayi bunda laki-laki maka di bulan ini testisnya telah sempurna.

Berat badan bayi bunda 2300-2350 gram, dengan tinggi badan sekitar 45-47 cm.

Dede-ku pas diperiksa beratnya dah 2000gr. Alhamdulillah semuanya baik-baik saja.

Dapet dari Info Bunda nieh, katanya :

=======================================

Bunda akan mengalami lagi kesulitan tidur di trimester ketiga, adalah bunda merasakan seperti membawa ember di perut bunda dan setiap bunda merubah posisi tidur, cairan dalam ember tersebut seperti bergerak-gerak. Selain perasaan ketidaknyamanan tersebut, bunda juga akan mengalami rasa semakin sering berkemih.

Posisi tidur yang mungkin lebih nyaman yaitu tidur miring ke arah kiri dan menyelipkan bantal atau guling diatara kaki bunda. Apabila hal ini tetap tidak memberikan posisi nyaman, bunda dapat menyangga tubuh dengan bantal yang lebih banyak dengan posisi tubuh bagian atas lebih tinggi daripada bagian bawah.

Posisi tidur miring kesamping adalah posisi yang baik bagi wanita hamil karena posisi ini memberikan posisi maksimal aliran darah dan nutrisi pada bayi bunda dan membantu ginjal bunda untuk mengurangi produksi kotoran. Bunda dapat mengurangi jumlah asupan zat cair sebelum beranjak tidur.

Bayi bunda sudah dapat membuka mata apabila bayi baru saja bangun tidur dan dia akan menutup mata apabila mengantuk dan tidur, bundapun sudah dapat memperhatikan jadwal tidurnya. Selain sudah bisa membuka dan menutup mata, bayi juga sudah mulai mengedipkan matanya.

Minggu ke 34 kehamilan tubuh bunda sedang mengirimkan antibodi melalui darah bunda ke dalam darah bayi yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuhnya dan proses ini akan tetap terus berlangsung bahkan lebih rinci pada saat bunda mulai menyusui.

Berat Badan bayi bunda 2000-2010 gram, dengan tinggi badan sekitar 45-46 cm.

Dapet dari Info Bunda nieh, katanya :

=======================================

Pada saat ini mungkin berat badan bunda sudah bertambah lagi sekitar 1-1,5 kg. Hal ini membuat membuat rahim bunda mendorong kearah diafragma yang menyebabkan bunda menjadi mual-mual dan bahkan bunda merasa kalau nafas bunda lebih pendek atau ngos-ngosan.

Hal ini adalah sudah biasa terjadi karena jumlah pernafasan yang bunda lakukan lebih meningkat pada saat bunda hamil, terlebih lagi apabila bunda mengalami kehamilan kembar mungkin semakin banyak intensitas pernafasan yang bunda lakukan

Bunda tidak perlu khawatir bayi akan kekurangan oksigen dengan pendeknya nafas bunda karena tubuh bunda juga telah menyesuaikan diri dengan kehamilan ini kebutuhan oksigen bagi bunda dan bayi maka bernafaslah secara normal dan selain itu sedikit relax, ambil nafas dalam-dalam, perhatikan postur tubuh bunda hindari membungkuk.

Otak bayi bunda semakin pesat berkembang pada saat ini juga otak bayi bunda sudah mulai bisa berkoordinasi antara lain, bayi sudah menghisap jempolnya dan sudah bisa menelan. Walaupun tulang-tulang bayi sudah semakin mengeras tetapi otot-otot bayi bunda belum benar-benar bersatu. Bayi sudah bisa mengambil nafas dalam-dalam walaupun nafasnya masih di dalam air. Apabila bayi bunda laki-laki maka testis bayi sudah mulai turun dari perut menuju skrotum.

Berat badan bayi bunda 1800-1900 gram, dengan tinggi badan sekitar 43-45 cm.

Dede-ku waktu diperiksa minggu ini beratnya dah 1700gr. Alhamdulillah semua baik-baik saja.

Dapet dari Info Bunda nieh, katanya :

=======================================

Bunda mungkin sudah mulai memperhatikan bila kadang-kadang bunda merasa rahim bunda mengeras atau kontraksi. Hal ini sering disebut sebagai Braxton Hicks Contraction. Kontraksinya bisa terjadi sekitar 40-60 detik tetapi tidak terjadi secara terus menerus dan tanpa disertai rasa sakit.

Kontraksi ini bukanlah tanda sudah waktunya melahirkan, melainkan keadaan kontraksi yang timbul karena menegangnya rahim. Memang Braxton Hicks Contraction ini merupakan proses awal suatu kelahiran dimana leher rahim bunda mulai terbuka.

Apabila bunda mengalamai Braxton Hicks Contraction maka disarankan bunda mempraktekan cara pernafasan yang telah bunda pelajari pada kelas senam kehamilan, selain itu minumlah air putih karena ada kemungkinan kontraksi ini terjadi karena bunda membutuhkan cairan lebih.

Apabila kontraksi ini agak mulai membuat bunda tidak nyaman maka ada baiknya bunda rebahan lalu bangun dan duduk dan berjalan ringan.

Bunda perlu berhati-hati apabila kontraksi ini mulai semakin intens, dengan minimal lima kali kontraksi dalam 1 jam atau kontraksi terjadi lebih dari 60 detik dengan interval setiap 5 menit, ditambah dengan munculnya rasa sakit di punggung bawah, serta pecahnya ketuban atau bercak darah. Jangan buang waktu…! Segeralah hubungi dokter atau bidan bunda.

Kuku dari jari mungil tangan dan kaki si kecl sudah lengkap dan sempurna. Rambutnya pun semakin banyak dan semakin panjang karena pada saat itu belum ada tukang potong rambut ^_^

Minggu ke 32 ini bayi bunda sudah mulai bisa bermimpi, mungkin bunda penasaran hal apakah yang dimimpikan bayi?

Berat badan bayi bunda sudah mencapai 1.700-1750 gram, dengan tinggi badan 40-42 cm.

Pages

September 2016
M T W T F S S
« Jun    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Our Gallery

tmn kecil

More Photos