~ a SimpLe Life About GyLda ~

Minggu 14 Kehamilan

Posted on: January 16, 2008

Dapet dari Info Bunda nieh, katanya :

======================================================================

Bunda sudah bisa menikmati kehamilan bunda di minggu ke 14 ini, karena semua ketidaknyamanan yang terjadi di kehamilan trisemester ke 3 seperti morning sickness, mood yang naik turun, mual-mual, pusing-pusing akan mulai berkurang.

Bunda merasa semua energi bunda yang selama ini hilang karena mengalami gejala kehamilan akan mulai berkurang, dan merasakan lebih fit serta kembalinya energi. Disaat ini bunda akan merasa menikmati kehamilan bunda.

Berhati-hatilah dengan kembalinya energi bunda yang hilang bersamaan dengan kembalinya nafsu makan bunda bahkan beberapa wanita justru lebih merasa mudah lapar. Sebaiknya bunda mulai menyadari untuk tidak ngemil untuk mengurangi rasa lapar.

Bunda dapat menggantikan makanan yang tinggi kalori dan tidak bernutrisi dengan makanan yang bernutrisi seperti apabila bunda mempunyai kebiasaan ngemil gorengan, ubahlah dengan ngemil buah-buahan, atau apabila bunda menyukai makan coklat cobalah untuk membuat minuman susu rendah lemak dengan ditambahkan sedikit bubuk coklat.

Tentu saja bunda tidak menginginkan tubuh bunda membengkak dan tidak proporsional selama kehamilan maka sebaiknya bunda belajar untuk menggantikan jenis makanan yang tidak bernutrisi dengan makanan yang lebih dan baik untuk tubuh dan bayi.

Minggu ke 14 kehamilan bayi bunda sudah memproduksi urine dan mengeluarkannya pada amniotic fluid (ketuban), cairan inilah wadah dimana bayi bunda mengambang dan cairan ini tidak membahayakan bunda ataupun bayi bunda. Tubuh mungil bayi bunda sudah mulai ditumbuhi dengan bulu halus di seluruh tubuhnya atau yang disebut dengan Lanugo.

Bayi bunda sudah mulai memproduksi kelenjar tyroid , selain itu bayi bunda juga sudah mulai terbentuk kelenjar yang menentukan sebagai laki-laki atau perempuan, bagi bayi laki-laki mulai terbentuk kelenjar prostate dan bagi bayi perempuan mulai terdapatnya ovarium yang berpindah dari perut (abdomen) ke arah pelvis. Bayi mungil bunda sudah mulai bisa menghisap ibu jarinya yang mungil.

Bayi bunda di fase minggu ke 14 sudah seberat 43-45 gram dengan tinggi 8,7-9 cm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: